Senin, 09 Januari 2017

Tetap Produktif di Usia Senja, Puskesmas Pasirian Bersama Desa Condro Bentuk Karang Werda

Posyandu lansia di Desa Condro selama ini berjalan dengan baik. Telah terbentuk empat pos di Desa Condro yang tersebar di empat dusun. Kader kesehatan berperan penting dalam penyelanggaraan posyandu lansia, termasuk Ibu Kepala Desa Condro selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Condro yang sangat mendukung setiap program kesehatan yang ada termasuk posyandu lansia.



Pengelola program posyandu lansia Mbak Indah Ratnawati menyatakan bahwa, “pada usia lanjut banyak masalah kesehatan yang dihadapi lansia karena perubahan hormon setelah menopause maupun andropause, perubahan hormon ini juga dapat mempengaruhi terjadinya berbagai penyakit metabolik yang umum terjadi pada lansia”.



Penyakit degeneratif tidak dapat dihidari pada usia lanjut, namun dengan adanya posyandu lansia kesehatan lansia menjadi terpantau. Lansia juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan petugas kesehatan secara gratis.

Karang werda adalah wadah dari beberapa posyandu lansia yang ada di Desa Condro, dengan terbentuknya karang werda diharapkan lansia tetap produktif di usia senja. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam karang werda, seperti belajar membuat kerajinan tangan, senam lansia rutin, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar