Selasa, 01 November 2016

Memasyarakatkan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Sejak Dini Melalui Lomba Senam CTPS



Lomba Senam CTPS dalam Rangka HKN ke 52 tahun 2016 Puskesmas Pasirian

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 52 tahun 2016, dengan bangga Puskesmas Pasirian mempersembahkan Lomba Senam CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Kegiatan tersebut dijadwalkan pada hari Rabu, tanggal 09 November 2016 dimulai dari pukul 07.30 hingga selesai. Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2016 bertema "Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat". Menurut pengelola Program Promosi Kesehatan Puskesmas Pasirian, Moh. Riyan Basofi, S.KM., "Lomba senam CTPS tersebut merupakan salah satu upaya untuk membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun sejak dini pada anak, sehingga anak akan terbiasa hidup sehat dan Generasi Indonesia menjadi Kuat".

Peserta Lomba berasal dari sekolah tingkat SD/MI se-wilayah kerja Puskesmas Pasirian yang berjumlah 30 sekolah. Para peserta sangat antusias mengikuti lomba yang dimaksud, hal ini dapat dilihat jumlah sekolah yang telah mendaftarkan diri di Puskesmas Pasirian. Menurut penuturan salah satu guru SD di wilayah kerja Puskesmas Pasirian, lomba ini sangat menarik dan menyenangkan. Lagu pengiring yang disediakan panitia dapat meningkatkan semangat peserta.

Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 17 Oktober 2016 dan akan ditutup pada tanggal 5 November 2016. Pemenang akan dipilih 3 besar terbaik yang memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Kriteria lomba didasarkan pada kreativitas gerakan, kostum, dan kekompakan. Juri berasal dari Puskesmas Pasirian yang sudah berkompeten dibidangnya. Juri 1 adalah Bapak Budi yang akan menilai dari konten seni, Juri 2 adalah Ibu Yuyun yang akan menilai kostum, dan Juri 3 adalah Mas Riyan yang akan menilai kekompakan gerakan cuci tangan yang diperagakan oleh peserta. 

Kepala Puskesmas Pasirian, dr. Miftachul Ulum menuturkan "Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kerjasama kami dengan lintas sektor, selama ini kegiatan PHBS sekolah hanya pada penyuluhan dan survei PHBS. Tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 52 tahun 2016, kami menginginkan sesuatu yang baru dan meriah. Lomba Senam CTPS ini wujudnya".

Mengingat banyaknya peserta yang mengikuti lomba tersebut, maka memerlukan tempat yang mendukung pula. Karena keterbatasan tempat di Puskesmas Pasirian, maka kegiatan lomba yang rencananya akan dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas Pasirian dipindahkan di Gedung Guru Kecamatan Pasirian (mr_bas).

Lagu Pengiring dapat diunduh di https://www.4shared.com/mp3/samj4LPTba/1Musik_Cuci_Tangan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar