Kamis, 03 November 2016

Cegah KLB Keracunan Makanan, Puskesmas Pasirian Lakukan Pembinaan Warung Sehat



Makanan adalah kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Pada umumnya manusia makan tiga kali sehari. Orang yang bekerja biasanya pada jam makan siang lebih memilih menyantap makanan di rumah makan atau di warung. Pasirian merupakan kecamatan yang memiliki pertumbuhan perekonomian tertinggi kedua di Lumajang. Di Pasirian banyak berdiri warung dan rumah makan yang diminati oleh masyarakat. Berbagai jenis makanan tersedia disana.

Melihat banyaknya kasus Kejadian Luar Biasa (KLB), Puskesmas Pasirian merasa perlu melakukan pembinaan pada warung-warung yang ada di Pasirian. Sehingga pada tanggal 25 Oktober 2016 bertempat di ruang pertemuan Puskesmas Pasirian dilakukan pembinaan pada 20 pemilik warung. Pada kesempatan tersebut dr. Miftachul Ulum selaku Kepala Puskesmas Pasirian mengatakan bahwa peserta dalam kegiatan tersebut bukan berarti warungnya tidak sehat, tetapi harapannya adalah pemilik warung yang dibina ini menjadi contoh bagi warung-warung yang lain.

Pemaparan yang pertama disampaikan oleh Moh. Riyan Basofi, S.KM., selaku pengelola program Kesehatan Lingkungan Puskesmas Pasirian. Ia memaparkan kasus keracunan makanan yang pernah terjadi. Selain itu ia juga menyampaikan materi mengenai pentingnya Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman yang harus diterapkan oleh pengusaha makanan atau pemilik warung. Higiene Sanitasi Makanan jika diterapkan dengan baik maka dapat mencegah terjadinya keracunan makanan. Perlu adanya kesadaran dan pembiasaan yang dilakukan terus menerus oleh pemilik warung agar prinsip dasar higiene sanitasi makanan dan minuman dapat diterapkan dengan baik.

Dilanjutkan materi kedua oleh pengelola program gizi kesehatan masyarakat yakni Sulismariyani, A.MG., yang menyampaikan 5 Kunci Keamanan Pangan. Kemudian beliau juga memberikan tips memilih garam yang beryodium kepada seluruh peserta. Peserta tampak antusian melakukan pemeriksaan garam menggunakan iodina test (mr_bas).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar