Kamis, 03 November 2016

3 Wakil Puskesmas Pasirian Masuk Semi Final



Persiapan yang mepet tidak serta merta mengecilkan nyali perwakilan Duta Kesehatan Remaja dari Puskesmas Pasirian. Waktu satu minggu persiapan benar-benar dimanfaatkan oleh pengelola program remaja dan promkes Puskesmas Pasirian untuk memilih wakil terbaik dari kota bagian selatan Kabupaten Lumajang ini. Perwakilan dari Pasirian berasal dari SMKN Pasirian dan SMAN Pasiran masing-masing lima orang.

Pembekalan Peserta Duta Kesehatan Remaja dari Pasirian

Materi wajib yang perlu diketahui oleh peserta adalah Kesehatan Ibu dan Anak. Bidan Suniyah selaku pengelola program remaja Puskesmas Pasiran sangat bersemangat mempersiapkan dan membekali para duta mengenai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). "Saya tidak menargetkan harus menang, tetapi saya menginginkan adek-adek melakukan yang terbaik" ucapnya dengan tersenyum manis sembari siap-siap melaksanakan sholat ashar. Selain materi KIA para duta juga dibekali dengan permasalahan yang sering dihadapi oleh remaja. Sepuluh remaja perwakilan Puskesmas Pasirian mempersiapkan materi yang berbeda-beda, antara lain: Seks Pranikah, Kehamilan Tidak Diinginkan, HIV-AIDS, Penyalahgunaan Napza, Penyalahgunaan Alkohol, Merokok pada Remaja, Bullying pada Remaja, Gangguan Menstruasi, Anemia Gizi Besi pada Remaja Putri, dan Kenakalan Remaja.

Setelah mempelajari dan mempersiapkan materi diatas kemudian petugas Promkes Puskesmas Pasirian yaitu Moh. Riyan Basofi, S.KM., memberikan materi tambahan antara lain: Pengembangan Kepribadian, Etiket Berbusana, Public Speaking, Tekning Presentasi dan Penguasaan Panggung pada semua duta. "Harapannya adalah agar mereka lebih percaya diri, tidak malu di depan orang banyak.. intinya agar lebih siap" ujarnya.



Acara tersebut diagendakan selama dua hari, yaitu pada hari Kamis dan Jumat tanggal 03 - 04 November 2016. Pada hari pertama dilaksanakan di Kampus Widya Gama Lumajang. Kabar yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya telah tiba, yakni tiga perwakilan dari Puskesmas Pasirian lolos ke babak semi final. Mereka akan dilombakan lagi pada hari kedua untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Semoga wakil pasirian dapat membawa naik baik Pasirian bahkan Lumajang ke event yang lebih besar lagi (mr_bas)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar